Rabu, 19 Juni 2013

Pengusaha Sukses Dilarang Gaptek

JAKARTA - Pengusaha menjadi salah satu profesi yang tengah naik daun saat ini. Kaum muda pun didorong untuk mampu menjadi seorang pengusaha agar mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Nah, apa sih sebenarnya kunci sukses menjadi seorang pengusaha?

Menurut Direktur Magister Manajemen (MM) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Heru Kurnianto Tjahjono, salah satu kunci sukses sebuah bisnis terletak pada pemahaman sang pengusaha tentang sistem Operasi dan Informasi Teknologi (IT). Karena dengan menguasai hal ini, seseorang akan mengetahui bagaimana mengendalikan mutu dan mengelola efisiensi proses sebuah produk.

Dia menilai, sebagai seorang pengusaha tentu harus memiliki pola pikir bagaimana membuat konsumen terus menerus senang dengan produk atau jasa yang dihasilkan atau ditawarkan. Untuk itu, lanjutnya, diperlukan keterampilan dan daya kreatif yang terus mengalir.

“Dan hal itu hanya dipelajari dalam sistem operasi dan IT. Dalam kepala orang-orang sistem operasi dan IT sudah tersusun cara bagaimana sebuah produk yang dibuat selalu memiliki nilai lebih. Karena inovasi dan kreativitas dikembangkan di IT. Mereka juga selalu berusaha menghasilkan karya-karya baru yang kira-kira bisa diterima pasar,” kata Heru, seperti dilansir UMY, Rabu (10/4/2013).

Dia menjelaskan, perkembangan IT dalam praktik bisnis sangat pesat sehingga menuntut para pelaku bisnis untuk dapat merespons dan mengelola IT tersebut. Sehingga pelaku bisnis dapat membangun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan.

Pendapat senada turut diungkapkan salah seorang pengajar dari Tamkang University, Taiwan, Shu-Hsien Liao. Dia menyatakan, para entrepreneur harus belajar dan memahami IT untuk mengoptimalisasikan produk dan jasa yang ditawarkan.

“Perubahan di bidang IT juga berimplikasi pada model bisnis di pasar global. Perubahannya luar biasa, ada e-commerce, e-business, dan lainnya. Sehingga munculnya perubahan ini menuntut para pebisnis untuk memperbaiki strategi terutama di bidang IT,” papar Liao.

Namun, dia menyadari jika pembelajaran IT tidak bisa dilakukan secara instan. Liao menyatakan, butuh proses untuk menjadikan seorang pebisnis dengan skill manajemen IT mumpuni.

“Selama mengajar tentang sistem informasi manajemen di UMY, saya juga harus memberikan contoh kasus dan disertai video-video interaktif agar calon pebisnis mengerti benar cara untuk menguasai pasar global di masa mendatang,” imbuhnya.

sumber: kampus.okezone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar