Kamis, 26 Maret 2015

Liyak Melati: This is my new experience

Saya salah satu mahasiswa pendidikan fisika yang mengikuti mata kuliah optoelektronika. Awalnya saya bingung kuliah opto itu belajar tentang apa?? Terus materinya bagaimana?? Berkaitan tidak dengan fisika?? Tetapi dari situ saya mau mencari tahu jawaban dari semua pertanyaan saya. Mata kuliah optoelektronika ini di asuh oleh dosen saya yang bernama bapak Apit Fathurohman S.Pd, M.Si. beliau ini orangnya kreatif mengapa ? karena beliau ini mampu mengolah suasana kelas agar tidak bosan. Beliau juga sering berbagi ilmu tentang teknologi kepada kami. 

Selanjutnya, metode belajar kami juga tidak monoton. Kami juga sering menggunakan fasilitas internet untuk perkuliahan contohnya belajar lewat edmodo (e-learning) terus juga beliau mengajarkan kami untuk bisa memanfaatkan internet untuk berbagi ilmu contohnya pembuatan blog yang isinya tentang hal-hal yang positif. Itu baru segelintir keunikan dari beliau ini. Baru-baru kemarin kami dikejutkan dengan metode baru yang beliau berikan kepada kami. Saya sebagai kordinator kelas optoelektronika ini diinfokan beliau untuk membawa kertas A4, spidol warna dan pensil untuk pertemuan perkuliahan selanjutnya. 

Awalnya saya bingung mengapa kuliah optoelektronika ini menggunakan spidol warna ?? apa fungsinya ?? . Dan saya pun menginfokan berita tersebut kepada teman- teman saya. Mereka pun berfikiran sama seperti saya. Besoknya, perkuliahan pun dimulai beliau menanyakan kepada kami apakah sudah dibawa peralatan yang saya infokan kemarin ?? kami pun menjawab iya pak sudah. Selanjutnya, beliau memberikan instruksi kepada kami. Kami terdiri dari 7 kelompok setiap kelompok itu terdiri dari 3 atau 4 orang dan setiap anggota kelompok itu dibagi lagi.  Setelah pengelompokkan selesai, beliau memberikan instruksi selanjutnya yaitu membuat peta konsep dari materi yang telah kami sampaikan sebelumnya. 

Di dalam peta konsep itu terdapat ringkasan materi kami yang jelas, padat dan penuh makna. Setelah peta konsep itu dibuat kami boleh memberikan gambar atau warna-warni agar menarik.


Terkhusus saya, membuat peta konsep yang menurut saya full colour dengan warna-warni pelangi yang saya gabungkan dengan sentuhan kelembutan. Bentuk coretan dan garisan spidol itu hanya untuk membuat peta konsepnya lebih menarik. Karena biasanya peta konsep itu di buat dengan bentuk kotak dan terstruktur ke bawah. Saya ingin membuat tampilannya sedikit berbeda dengan gambar yang tidak teratur. 

Materi yang saya tuliskan dengan menggunakan spidol warna gunanya agar kita bisa lebih mudah mengingatnya. Warna pada tulisan tidak semuanya sama saya menggunakan warna yang beda-beda. Dan juga latar belakangnya yang warna-warni dengan warna yang kalem tidak terlalu mencolok.
Pengalaman belajar ini baru saya dapatkan di perkuliahan ini. This is my new experience.
Sekian cerita pengalaman belajar saya J


Tidak ada komentar:

Posting Komentar